Sabtu, 08 Mei 2010

Rich Client Platform Eclipse - Importing External Library

Aku lagi buat projek tahun akhir. Judulnya OntoDB : Transforming OWL Ontology to Relational Database SQL . Karena ini tools, jadi aku buatnya pake Java programming language. Aku pake IDE Eclipse 3.0 dan memutuskan membuatnya dengan bantuan Plug-in Development dan membuat aplikasi dengan Rich Client Platform.

Untuk memproses ontologi, aku perlu meng-import external library yang sangat penting, yaitu Jena Framework. Tapi... masalahnya, walaupun udah aku import secara langsung ke foldernya, tetap aja sistem RCP ini gak baca hasil importnya itu. Kelas yang diimport tetap aja dibilang : JavaClassNotFOund '-_-

Akhirnya, setelah berhari-hari melakukan pencarian di google, penuh dengan kesulitan,kestressan, airmata, dan kerja keras.. dengan bantuan semangat dari seseorang juga yang terus meyakinkanku untuk tidak menyerah, akhirnya aku berhasil mengimport filenya dengan benar..


  1. Buat projek plug-in baru di eclipse.
2. Setelah menyelsaikan wizardnya, export plug-in tersebut dengan memilih tipe export yang ke-4, export for suitable deployment, using Export wizard.

3. Setelah itu, akan muncul folder plugin di directory yang sudah ditentukan di wizard tadi. Copy dan paste folder tersebut di projek RCP yang sudah dibuat sebelumnya.

4. Kemudian, pergi ke tab Runtime, dan add semua packages yang diperlukan. Buat juga class path-nya. Jangan lupa buat classpath '.' seperti yang ditandakan pada gambar berikut.



5. Langkah terakhir, save projek tersebut untuk menyimpan perubahannya dan run application-nya.

Untuk tutorial cara membuat aplikasi menggunakan eclipse dan Rich Client Platform bisa dilihat di sini : http://www.vogella.de/articles/RichClientPlatform/article.html

Untuk membuat plug-in, bisa juga dilihat di sini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentarnya..
(Thanks for the comments..