Jumat, 11 Juni 2010

Cara Mengatasi Buang Waktu


(Sory, curhat, bisa diskip gak usah dibaca hehehe)
Kayaknya hal ini yang paling sering aku lakukan. Gak bisa ngatur waktu klo udah dapat waktu senggang. Seharusnya dimanfaatin dan bersyukur udah dapat waktu tambahan, tapi ternyata... karena merasa DEADLINE semakin diundur, makin lah jadi bermalas-malasan dan membuang waktu dan mengerjakan hal-hal yang gak penting selain TESIS yang seharusnya udah siap dari kapan-kapan.

Buang waktu. Sebenarnya gak suka buang waktu. Mungkin karena aku udah terlalu TERBIASA dengan sistem SKS. Jadinya kalo gak last minute gak ada ide, gak bisa buat. '-_-
Buang-buang waktunya tu bisa macam-macam caranya. Baca komik, baca berita-berita gak penting, main game, facebookan, twitteran, atau cuma browsing-browsing gak jelas (paling sering jatuh di jebakan ini '-_-).

(Curhat selesai, mulai baca dari sini aja)
Sekarang gimana caranya supaya gak buang waktu?? Harus berpikir "gak ada hari esok. kerjaan hari ini". Sepertinya kalo memang mau gak buang-buang waktu, yang paling penting itu menetapkan tekad dan janji pada diri sendiri untuk "gak akan buang-buang waktu". Ups... salah, tekad gak boleh pake kata-kata negatif (buang kata "gak"). Oke, diganti jadi "Akan memanfaatkan waktu selalu". Ups... salah lagi.. tekad juga gak boleh pake kata "akan" karena ini nunjukin kalo tekadnya bakal dilakukan "nanti" dan "nanti" itu = "menunda" dan menunda itu = "masalah". Oke, kita ganti lagi jadi "Selalu manfaatkan waktu!". Oke, ini prinsipnya.

Inti masalah buang waktu karena merasa waktu itu banyak, waktu itu santai, waktu itu gak terlalu penting, atau karena gak merasakan kalo waktu itu terus bergulir. Setiap detiknya terus saja hilang dan takkan pernah kembali. Buang waktu itu.. karena kurang menghargai waktu. Semua orang dikasih waktu yang sama, 24 jam sehari. Tapi setiap orang memanfaatkannya berbeda. Ada yang waktunya dibuang-buang, ada yang waktunya dipake dengan maksimal.

Jadi, untuk memanfaatkan waktu dengan maksimal, perlu planning alias rencana.
  1. Setiap hari, pas bangun pagi itu harus udah punya rencana, hari ini mau ngapain aja, mau ke mana, apa yang harus dibuat.
  2. Buat daftar hal-hal yang harus dilakukan.
  3. Tetapkan batas waktu bagi setiap kegiatan. Kapan deadline bagi setiap kegiatan.
  4. Tetapkan prioritas. Tentukan hal apa yang paling penting dan harus dilakukan segera. Urutkan semua dari yang paling penting sampe ke yang paling gak penting tapi mau dilakukan.
  5. Urutkan kegiatan berdasarkan waktu kegiatan akan dilakukan. Urutkan mana kegiatan yang ingin dilakukan duluan dan apa yang harus dilakukan sesudah itu.
  6. Setelah itu, langsung kerjakan kegiatan pertama. Lakukan untuk setiap hari. Komitmen dengan rencana yang udah dibuat!!
Oke, itu aja tips hari ini. Dari curhat bisa jadi cari solusi. Masalah itu memang lebih mudah diidentifikasi kalo dituliskan daripada cuma dipikirkan. Kalo ditulis, nanti jawaban persoalannya bisa datang sendiri. Selain pelampiasan stress, juga bisa jadi membantu orang.

1 komentar:

  1. nice share gan :D
    tipe orang kayak aku ini selali menyia yiakan waktu pasti akan rugi sendiri nanti di kemudian hari

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya..
(Thanks for the comments..